Aspek Pemasaran
Aspek pemasaran merupakan faktor strategis
atau kunci dari keberhasilan perusahaan, jika permintaan terhadap produk/ jasa
yang dibuat kurang memadai seluruh kegiatanaspek-aspek yang lain tidak akan
terwujud.
Jika prospek permintaan terhadap permintaan
produk lebih kecil dari peawarannya maka sitem produksi produk tersebut tidak
layak dilaksanakan. Jika market space masih tersedia maka perlu diselidiki
apakah pasar masih mampu menampung produk baru yang direncanakan.
Untuk mengetahui potensi permintaan dan
penawaran terhadap suatu barang atau jasa, perlu dilakukan penelitian yang
mendalamtentang perkembangan permintaan dan jumlah pemasoknya. Perkembangan
permintaan dapat diduga melalui perubahan pendapatan, selera dan tingkah laku
konsumen dalam membeli barang dan jasa tersebut.
Spesifikasi produk
Spesifikasi produk merupakan suatu peluang
yang diambil dari ketertarikan kebutuhan konsumen berdasarkan kuisioner serta
untuk melihat kondisi pesaing berdasarkan pada pengetahuan teknis. Kebutuhan
merupakan sesuatu yang diinginkan dan diapresiasi oleh konsumen.
Dibawah ini adalah spesifikasi dari
redmi note 8 pro
Dibawah ini adalah skor antutu dari
redmi note 8 pro sendiri
Segmentasi Produk
Definisi segmentasi pasar yang paling sering
diucapkan para ahli adalah: “Suatu proses untuk membagi-bagi atau
mengelompokkan konsumen ke dalam kotak-kotak yang lebih homogen. Karena pasar
sifatnya sangat heterogen, maka akan sulit bagi produsen untuk melayaninya.
Oleh karenanya pemasar harus memilih segmen-segmen tertentu saja dan
meninggalkan bagian pasar lainnya. Bagian atau segmen yang dipilih itu adalah
bagian yang homogen yang memiliki ciri-ciri yang sama dan cocok dengan
kemampuan perusahaan untuk memenuhi tuntutan-tuntutannya. Segmentasi pasar
adalah suatu konsep yang sangat penting dalam kehidupan ini. Dalam kegiatan
bisnis segmentasi pasar digunakan untuk memilih pasar sasaran, mencari peluang,
menggerogoti segmen pemimpin pasar, merumuskan pesan-pesan komunikasi, melayani
lebih baik, menganalisis prilaku konsumen maupun mendesain produk.
Produk yang saya ambil pada pembahasan ini
adalah xiaomi redmi note 8 pro, produk ini adalah pembaharuan dari series
sebelumnya yaitu redmi note 7.
Segmentasi produk pada Redmi note 8 pro
sebagian besar adalah konsumen laki-laki, mulai dari usia 17 tahun hingga
dewasa, hal ini ditunjukkan dengan spesifikasi yang dimiliki oleh xiaomi redmi
note 8 pro sendiri yang lebih mengarah ke ponsel untuk game berat, alasannya
cukup simpel karena perempuan lebih menyukai dan memilih ponsel yang lebih
condong ke bagian kameranya.
Analisis Situasi Pasar
Analisa pasar dilakukan untuk menemukan
peluang bisnis dan potensi yang bisa dimanfaatkan. Besarnya potensi tersebut
bisa diukur dengan berbagai faktor, terutama keberterimaan suatu produk atau
jasa di wilayah tertentu. Bisnis bisa berjalan selama masih ada konsumen yang
mau membeli produk atau jasa tertentu untuk memenuhi kebutuhan mereka. Produk
atau jasa keuangan disediakan oleh pebisnis untuk memenuhi kebutuhan ini. Analisa
pasar adalah faktor paling penting yang tidak boleh dilewatkan sebelum
melakukan usaha tertentu. Hasil dari analisa tersebut akan sangat berguna untuk
mengetahui seberapa besar potensi bisnis yang ada dan berapa lama suatu bisnis
bisa bertahan.
Analisis Pesaing
Analisa persaingan merupakan sebuah usaha
untuk mengidentifikasi ancaman, kesempatan, ataupermasalahan strategis
(strategy question) yang terjadi sebagai akibat dari perubahan persaingan
potensial, serta kekuatan dan kelemahan pesaing.
Analisis persaingan bersifat dinamis.
Pesaing dideskripsikan dan dianalisis, pesaing di evaluasi, serta kemudian
tindakan pesaing pun diprediksi secara tepat. Yang dimaksud pesaing termasuk
didalamnya pesaing baru yang berpeluang mengacungkan jari telunjuk sebagai tanda
kehadiran. Analisis persaingan merupakan aktifitas yang terus menerus dan
memerlukan koordinasi informasi. Bisnis dan unit bisnis menganalisis pesaing
dapat dengan cara menggunakan sistem intelejen pesaing. Untuk
kepentingan itu, beberapa teknik dilakukan seperti pencarian database, survey
konsumen, wawancara dengan pemasok serta partisipan lainnya yang sesuai,
perekrutan karyawan pesaing termasuk mempelajari produk pesaing. Setiap teknik
yang telah dikemukakan, tampak didalamnya mengandung unsur titik kedinamisan.
Strategi Promosi
Produsen
sebuah produk baik barang atau jasa, membutuhkan strategi promosi yang tepat
untuk mengenalkan produknya kepada konsumen. Strategi promosi produk sangat
dibutuhkan. Karena tanpa adanya kegiatan promosi, sebuah produk tidak akan
dikenal masyarakat. Makanya para pengusaha saling berlomba menggunakan berbagai
strategi untuk mempromosikan produk mereka, guna memperoleh perhatian dari
masyarakat.
Pada
xiaomi redmi note 8 pro sudah memiliki sensor nfc yang sangat jarang dimiliki
oleh ponsel sekelasnya, hal tersebut yang menjadi strategi promosi dari xiaomi
redmi note 8 pro.
Media Promosi Berbasis IT
Dalam
kegiatan bisnis, Pasar selalu menggunakan berbagai media berbasis untuk
melakukan kegiatan promosi. Media tersebut bisa melalui iklan, brosur, website,
dan lain-lainnya. Iklan itu bisa melalui televisi, radio, koran, dan banyak
lagi yang bisa kita masukkan iklan. Umumnya jika melakukan promosi melalui
iklan, biasanya akan lebih cepat dikenal daripada media lainnya. Hal ini disebabkan
karena media yang digunakan biasanya umum sehingga masyarakat lebih cepat
mengetahui iklan yang sedang dipromosikan. Sedangkan dengan brosur, kita bisa
melihat informasi dari promosi tersebut melalui sehelai kertas. Biasanya isi
kertas tersebut berisikan informasi dan gambar dari produk yang ditawarkan.
Website juga digunakan sebagai media promosi dari suatu pasar. Keuntungan dari
media melalui website ini adalah kita bisa memperoleh informasi yang lebih
jelas baik dari jenis, harga, maupun kualitas dari barang itu sendiri. Tampilan
website yang menarik, dapat membuat konsumen yang membuka website tersebut
tertarik untuk membeli produk tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar