haloo gaes, back too my blog disini gue akan membahas tentang
desain dan pemodelan grafik. disini gue ga cuma bahas tentang pengertiannya
saja tapi semua akan gue bahas disini
gue mulai dari yang pertama dan sangat dasar banget, yaitu pengertiannya.
Pasti banyak kawan kawan gue disini yang belom paham apasi pengertian tentang desain
dan pemodelan grafik
nah desain pemodelan grafik merupakan suatu proses penciptaan suatu
obyek baru dengan menggunakan software dan melalui beberapa tahapan, yakni
membuat, menyimpan dan memanipulasi model dan citra.
Desain pemodelan grafik
terdiri dari 3 suku kata, yaitu “Desain”, “Pemodelan”, “Grafik” dengan memiliki
arti sbb :
-- Desain : Seni terapan, arsitektur dan
pencapaian kreatif lainnya.
-- Pemodelan : Pola/contoh dari sesuatu yang akan
dibuat atau dirancang.
-- Grafik : Pengungkapan dan perwujudan dalam bentuk
huruf, symbol dan gambar dengan melakukan proses pencetakan.
-- Desain Grafik : Seni dalam berkomunikasi
menggunakan tulisan, ruang dan gambar. Bidang ini merupkan bagian dari
komunikasi visual. Ilmu desain grafis mencakup seni visual, tipografi, tata
letak dan desain interaksi.
Selanjutnya gue bakalan ngasih tau apasi prinsip dan unsur yang
ada di desain dan pemodelan grafik yang pertama ada Garis
(Line) adalah unsur desain yang menghubungkan satu
titik poin dengan titik poin lainnya sehingga bisa berbentuk gambar garis
lengkung (curve) atau lurus (straight). Yang kedua ada Bentuk (Shape)
adalah sesuatu yang memiliki diameter tinggi dan lebar. Yang ketiga
ada Huruf
(Character)
yaitu sesuatu yang dipresentasikan dalam bentuk visual yang dapat digunakan
untuk membentuk sebuah tulisan sebagai Bahasa verbal dengan bentuk visual
langsung seperti A, B, C dll. Selanjutnya ada Simbol (Symbol) yaitu sesuatu yang dipresentasikan
dalam bentuk visual yang mewakili bentuk benda secara sederhana dan dapat
dipahami secara umum sebagai lambang untuk menggambarkan suatu bentuk benda
nyata. Misalnya gambar orang, bintang, bulan matahari dalam bentuk symbol.
Bukan dalam bentuk nyata (dengan detail). Bentuk Nyata (Form)
bentuk ini nyata dan mencerminkan kondisi fisik dari suatu obyek.
Seperti gambar manusia secara detail, hewan dan benda lainnya. Tekstur
(Texture) adalah tampilan permukaan dari sutau benda
yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba. Ruang (Space) merupakan jarak antara suatu
bentuk dengan bentuk lainnya, ini dapat dijadikan unsur utnuk memberi efek
estetika desain dan dinamika desain grafis. Ukuran (Size) adalah unsur lain dalam desain
yang mendefinisikan besar kecilnya suatu objek. Warna (Color) dengan warna orang bisa
menampilkan identitas, menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari
bentuk-bentuk visual secara jelas.
Kemudian apasi prinsipnya nah prinsip yang pertama adalah Kesederhanaan banyak pakar desain grafis
menyarankan prinsip ini dalam pekerjaan desain. Keseimbangan adalah keadaan atau kesamaan
antara kekuatan yang saling berhadapan dan menimbulkan adanya kesan seimbang
secara visual. Kesatuan adalah kohesi, konsistensi,
ketunggalan atau keutuhan yang merupakan isi pokok dari komposisi. Penekanan (Aksentuasi) dimaksudkan untuk menarik
perhatian pembaca, sehingga ia mau melihat dan membaca bagian desain yang
dimaksud. Irama (Repetisi) merupakan selisih antara dua wujud yang terletak pada ruang serupa
dengan interval waktu antara dua nada music beruntun yang sama.
Sekarang gue jelasin apasi pengaruh kebudayaan dan teknologi dalam
membuat desain pemodelan grafik
Keberadaan desain pemodelan grafik sangatlah dipengaruhi oleh
budaya dan teknologi berkembang di masyarakat. Salah satunya adalah ide, banyak
sekali ide yang dihasilkan untuk desain grafik berasal dari budaya yang ada
dilingkungan sekitar. Tak sedikit pula budaya Indonesia digunakan sebagai
desain grafik. Contohnya adalah kerajinan kain daerah seperti batik dan tenun,
keramik, gerabah dan masih banyak yang lainnya.
Kerajinan tradisional daerah merupkan warisan turun-temurun dari
nenek moyang yang sangat indah untuk djadikan sumber pemikiran kreatif dalam
melakukan pembuatan desain grafik. Dengan berkembangnya teknologi ini, maka
semakin mudah bagi generasi muda saati ini untuk menciptakan karya desai grafis
dengan waktu yang relatif singkat dan banyak desain yang akan dihasilkan
sehingga akan lebih efisien dalam waktu dan segalanya.
Pengaruh lain dari budaya dan teknologi dalam desain pemodelan
garfis adalah periklanan. Pemilih iklan harus mengetahui peran yang dimainkan
oleh budaya, subbudaya dan kelas social pembeli. Budaya adalah penyebab paling
mendasar dari keinginan perilaku seseorang. Budaya merupakan kumpulan
nilai-nilai dasar, persepsi, keinginan san perilaku yang dipelajari oleh
seorang anggota masyarakat dari keluarga dan lembaga penting lainnya.
Selanjutnya adalah implementasi yang berkaitan dengan Desain
Pemodelan Grafik
1. Pendidikan
Grafik computer pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan
objek-objek pada siswa secara nyata, dapat melalui power point atau software
lainnya. Dengan metode ini diharpakan tidak hanya teori saja tetapi dapat pula
melihat bentuk dan simulasinya. Bentuk ini dapat berupa penggambaran bidang,
ruang, grafik, gambar kerangka manusia, susunan tubuh manusia dan sebagainya.
2. Hiburan
Tidak dipungkiri pada saat ini semua acara hiburan di televise
banyak menggunakan grafik computer. Mulai dari film kartun, iklan, sampai
sinetron sekalipun sudah diselipi oleh rafik computer. Grafik computer ini
berupa efek animasi yang dapat membuat fim semakin menarik.
3. Budaya
Desain pemodelan grafis dalam hal-hal budaya dapat dilihat pada
pahatan bayu-batu candi di Indonesia, tenun dan desain gambar pada batik.
4. Sosiologi
Sosiologi dalam konteks ini dikonsentrasikan dengan studi dari
pengaruh system manusia dengan computer pada struktur lingkungannya.
5. Antropologi
Antropologi (Ilmu Manusia) dikonsentrasikan dengan studi dari
interaksi manusia dengan computer, dimana interakisi ini dipengaruhi oleh
teknologi yang ada, contohnya pada kantor. Antropologi dapat menyediakan
pengetahuan yang bernilai ke dalam aktifitas seperti, interaksi tim dengan
system computer. Contohnya tim kerja desain, kelompok penulis dll.
6. Ergonomic
Ergonomi dikonsentrasikan lebih pada aspek fisik dari pencocokan
mesin ke manusia, serta didukung suatu data antropometrik yang menyediakan
pedoman dalam desain tempat kerja dan lingkungannya, papan ketik computer dan
layar monitor dengan aspek fisik dari alat-alat antarmuka antara manusia dan
mesin.
Sampai disini dulu pembahasan gue tentang desain pemodelan grafik
semoga ilmu yang gue berikan dapat bermanfaat buat kalian semua
Tidak ada komentar:
Posting Komentar